PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KEBENCANAAN

 

ANALISIS SUHU PERMUKAAN AIR LAUT DI PROVINSI

 NUSA TENGGARA TIMUR 2016


blog ini di buat untuk memenuhi tugas mata kuliah pengetahuan lingkungan dan kebencanaan 
dosen pengampu:Supriyadi S,Kel., M.Han



SEBARAN SUHU PERMUKAAN LAUT PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR MENGUNAKAN SATELIT AQUA MODIS NASA


NUSA TENGGARA TIMUR

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah sebuah provinsi yang terletak di sebelah tenggara Indonesia yang berbatasan dengan Laut Flores di sebelah Utara, Samudera Hindia di sebelah Selatan, Timor Leste di sebelah timur dan Provinsi Nusa Tenggara Barat di sebelah Barat. Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi kepulauan yang terdiri atas 1.192 pulau yang sebagian besar pulau tersebut tidak berpenghuni. Lima pulau besar di NTT dikenal dengan nama ‘Flobamorata’ yang terdiri atas Pulau Flores, Sumba, Timor, Alor dan Lembata.

Provinsi yang sebelumnya memiliki nama ‘Provinsi Sunda Kecil’ ini resmi menjadi provinsi pada tahun 1958 berdasarkan UU Nomor 64 tahun 1958. Dalam peraturan tersebut, NTT dipecah menjadi tiga provinsi yaitu Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Bali. Pada awal diresmikannya NTT menjadi provinsi, wilayah administratif NTT terdiri atas 12 daerah Kabupaten/Kota. Jumlah ini terus bertambah hingga pada tahun 2019 wilayah administratif NTT terbagi atas 21 Kabupaten dan 1 Kota. Satu-satunya kota di NTT yaitu Kota Kupang, ibukota provinsi NTT yang berada bagian barat Pulau Timor.


SUHU PERMUKAAN LAUT

            Suhu merupakan salah satu indikasi keberadaan kelompok ikan di satu wilayah, namun suhu permukaan laut sangat dipengaruhi oleh perubahan kondisi perairan lingkungan lainnya yang diantaranya: arus, angin, maupun paparan sinar matahari langsung, sedangkan lemuru merupakan jenis ikan yang peka terhadap jenis suhu perairan yang memiliki jarak dekat dengan permukaan lautan. Arti dari permukaan bisa berbeda, disesuaikan dengan metode pengukuran, tetapi ada di antaranya 1 milimeter dan 20 meter di bawah permukaan laut.

            Suhu permukaan laut merupakan faktor penting bagi kehidupan organisme di lautan, karena suhu dapat mempengaruhi metabolisme maupun perkembangbiakan dari organisme di laut. Suhu permukaan laut sangat penting untuk diketahui karena sebaran suhu permukaan laut dapat memberikan informasi mengenai front, upwelling, arus, cuaca / iklim dan daerah tangkapan ikan




CITRA SATELIT AQUA MODIS 
         Dalam era kemajuan informasi sekarang ini, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangatlah diperlukan untuk mempercepat dan mempermudah dalam hal menyampaikan informasi. Salah satunya adalah penginderaan jauh yang dapat dilakukan dengan kajian yang cukup luas tanpa harus mengeluarkan tenaga dan biaya yang besar, dimana data citra satelit MODIS dapat menghasilkan informasi data beberapa parameter oseanografi salah satunya berupa suhu permukaan laut dengan lingkup penelitian yang cukup luas. Data MODIS ini dapat diperoleh dengan relatif lebih mudah dan singkat jika dibandingkan dengan data citra lain. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengkaji variabilitas suhu permukaan laut di perairan Selat Bali baik secara spasial maupun temporal selama lima tahun

        Aqua Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (Aqua MODIS) adalah salah satu citra penginderaan jauh yang banyak dimanfaatkan oleh para peneliti hampir di semua bidang, seperti kehutahan, pertanian, meteorologi, klimatologi, perikanan, dan kelautan.


 

 

Januari 2016

Februari 2016



Maret 2016



April 2016



Mei 2016



Juni 2016



July 2016



Agustus 2016



September 2016



Oktober 2016



November 2016



Desember 2016


data yang telah di gabung mulai dari januari-desember 2016

 

Dari data di atas bahwa perubuhan suhu di wilayah Nusa Tenggara Timur banyak mengalami perubuhan yang siknifikan pada tahun 2016 yang mengakibatkan suhu perairan dapat terjadi perubuhan di setiap bulan.



Komentar

Posting Komentar